ENZIM DALAM PROSES PENCERNAAN

enzime

enzime

Sistem Pencernaan dalam tubuh manusia ibaratnya seperti akar dari sebuah pohon. Jika akar pohon ini mengalami masalah akan berakibat ke seluruh pohon. Proses pencernaan, penyerapan nutrisi, keseimbangan flora normal dalam usus, memegang peranan penting dalam menentukan sehat tidaknya sistem pencernaan seseorang dan kesehatannya secara menyeluruh.
Banyak organ tubuh kita yang telibat dalam proses pencernaan ini mulai dari mulut, esophagus (kerongkongan), lambung, usus besar, usus kecil, anus, kantong empedu, hati, pankreas. Jika salah satu dari organ pencernaan ini tidak berjalan dengan semestinya atau rusak, hal ini juga akan berakibat pada kesehatan secara keseluruhan dari organ tersebut.
Proses pencernaan pertama dimulai dari mulut, dan memiliki beberapa fungsi yang penting karena disinilah enzyme bekerja dan bisa membantu proses pencernaan selanjutnnya.


http://www.youtube.com/watch?v=uIRHfdrixmA

Apa sebenarnnya Enzim?
Kita mengenal protein, karbohidrat dan lemak sebagai makronutrien dan vitamin, mineral sebagai mikronutrien. Keduanya baik makro dan mikro sangat penting disediakan dalam makanan sehari hari.
Tetapi apakah enzim itu? apakah seperti vitamin dan mineral?
Tidak, enzim lah yang mengaktifkan kerja makro dan mikro nutrien dan fungsinnya sebagai katalisator seluruh aktifitas dalam metabolisme. Enzim sangat penting untuk dipahami terutama fungsi dan kerjanya.

Sebagian Enzim diproduksi oleh tubuh sendiri tetapi selebihnya harus diperoleh dari makanan, dan juga suplemen enzim.
Ada 3 golongan enzim yg dikenal:

  1. Enzim Metabolik (bekerja dengan tiap organ tubuh)
  2. Enzim Pencernaan (membantu dalam pencernaan makanan)
  3. Enzim Makanan (dalam makanan mentah dan segar dan tidak dipanaskan)

*Enzim metabolik mengatur semua kerja organ dan memperbaiki jaringan dalam tubuh dan melawan penyakit. Ratusan enzim metabolik diperlukan untuk hal ini..

*Enzm pencernaan memiliki 3 tugas:

  1. Protease , enzim yg mencerna protein
  2. Amilase , enzim yg mencerna karbohidrat
  3. Lipase, enzim yg mencerna lemak.

*‘Enzim Makanan’ selayaknya membantu proses pencernaan sehingga tubuh tidak sepenuhnnya tegantung dari’ Enzim Pencernaam’ semata mata dan Enzim Metabolik’ bisa melakukan fungsinya tanpa beban ekstra kerja lagi.

Enzim makanan didapatkan dari makanan yang tidak atau minimal proses (dalam keadaan mentah) karena banyak mengandung enzim yang diperlukan tubuh kita. Disarankan utk makan buah buahan yg banyak juga sayur sayuran mentah (salad) atau ”light steam”.

Gaya hidup perkotaan yang memberikan pilihan cepat saji dan “ fast food style” seringkali sudah mematikan semua nutrisi yang penting dan sudah tidak ada lagi enzyme didalam nnya. Sering sekali banyak orang berpikir bahwa didalam makanan sayur mayur yang tersedia di meja makan sudah cukup untuk asupan enzyme ,vitamin dan mineral, tanpa mereka sadari sayur yang disajikan sudah tidak ada “living” enzyme ” .Pemanasan merusak juga mematikan semua “living enzyme dan nutrisi “ yang diperlukan tubuh
Salah satu rekomendasi apabila kita masih sering menkonsumsi makanan cepat saji adalah menkonsumsi supplement enzyme pencernaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan jenis apa saja yang masih menyimpan banyak enzyme didalamnya, akan dibahas di blog dibawah ini.

30 Comments
  1. Terima kasih Dok. Artikel ini sangat informatif.

    • sama sama, silahkan kalau ada pertanyaan terima kasih

      • Makasih dok… tadi nya sy nggak tau ttng enzym.
        Tulisan ini bikin sy melek kesehatan. Sy masih sering makan makanan yg dipanaskan.. aduuuh… ternyata berbahaya ya…. Semoga tulisan ttng kesehatan dokter,bisa membuat smua orang mengetahui apa makanan sehat….

      • Dok, utk mencari bahan2 sperti enzim renin/rennet, papain ato yg sejenisnya dmn sih? Bingung sy

  2. Keren nih dok.., jd banyak tambahan ilmu nutrisi buat aku..
    thanks.. 😀

  3. Hi tia, iya,,tia bisa mulai ikutin program ku ya di blog ini
    mudah mudahan akan menolong juga menambah wawasan kita tentang bagaimana hidup yang sehat itu ,,,feel free utk tannya apa aja seputar artikel 2 ku ya.
    Salam sehat,
    Genti

  4. Thanks dr. Genti utk informasi healthy lifestyle-nya. Sangat membantu.. Ditunggu artikel selanjutnya.. Sukses selalu dan salam sehat:)

  5. Ur welcome, ula.
    Semoga kt bisa semakin menyadari betapa pentingnnya menjaga tubuh kt tetap sehat .
    Salam sehat,
    Genti

  6. Dok to the point saja ya, saya mau tanya enzym pencernaan apa ya yg mengakibatkan produksi gas dilambung atau diusus sangat banyak, kalau bertahak (glegeken bhs jawa) rasanya seperti kuning telor dan baunya enggak enak tapi gak ada rasa perihnya (menurut saya bukan asam lambung), efek yg terjadi lambung jadi penuh gas dan usus/pencernaan juga penuh gas (maaf efeknya jadi kentut mulu), selama rasa itu masih ada kalau betahak maka proses pembuatan gas terus berlanjut trus untuk mengatasinya gimana, mohon informasinya dok, thanks ya dok

    • Halo Pak tomi, senang bisa bertemu di Blog saya,
      Saya akan mencoba menjelaskan fungsi enzym pencernaan ke pak tomi ya,
      Secara menyeluruh , enzyme pencernaan ini yang membantu proses penyerapan makanan dlm tubuh kita.
      Kalo kita kekurangan enzyme, yah salah satu gejala nnya bisa seperti ini, rasa kembung, kentut,,dan seperti ada rasa perasaan refluks balik dari lambung ke kerongkongan kita.
      Nah, ini saran saya utk bisa mengurangi nya step by step ya:
      1. Pak tomi bisa mulai makan byk makanan yg segar atau minimal prosesnya..artinnya kurangin gorengan juga 🙂
      2. Pak tomi saat mengunyah makanan,,agak slow,,,jangan terburu buru, karena dgn kita mengunyah yg baik , akan terbantuk sendiri enzyme dari campuran air ludah kita dimana hal ini sangat membantu utk proses cerna tadi itu..
      3. kurangi minum saat sedang makan, tetapi sebaiknya minum 15-30 menit sblm makan atau sesudah makan. hal ini akan mengurangi rasa kembung saat minum bersamaan dgn makan kita
      4. Saya sarankan bisa membeli enzyme pencernaan juga probiotik (bakteri baik yang diperlukan terutama utk kesehatan usus kita) tambahan di apotik terdekat atau juga bisa didapatkan di tempat saya,
      5. Selamat mencoba ya pak, semoga bisa diterima sarannya.
      Salam sehat
      dr genti

  7. slmt sore dok…..
    saya salah satu mahasiswa FK di RIAU, ingin menanyakan sesuatu….. bolehkan dok…

    1. bagaimana mekanisme metabolisme KH??
    2. enzim-anzim apa saja yang mempengaruhi pencernaan??
    3. faktor-faktor yang menghambat kerja enzim???
    4. apa persamaan dan perbedaan antara acarbose dan phaseolus vulgaris (kacasng polong) dalam pengobatan DM???

    maa f y dok, klo pertanyaan nya terlalu banyak,,,,
    pi law bisa dijawab ya dokter,,,,

    Thank’s………

    • Halo Amrul, senang bisa ketemu di blog saya ya.
      Saya akan coba jawab pertanyaan Amrul ya,,
      1. Ttg metabolisme karbohidrat , ini panjang ceritanya tetap prinsip nya karbohidrat ini saat masuk ke mulut kita akan ada proses cerna dan absorbsi kemudian nanti ke liver dan diubah nantinnya menjadi glucosa dan glikogen,,silahkan lihat lagi dibuku kuliah anda lagi( coba lihat Kreb’s cylce theory) karena ini ilmu wajib utk mahasiswa.kita coba fokus ke masalah sehari hari ttg enzyme ya
      2. Enzyme yang mempengaruhi pencernaan : enzyme amilase , protease dan lipase..
      3. faktor yg berhubungan dg kerja enzyme: enzyme di hasilkan juga dlm tubuh kita dan fungsinnya sebagai katalisator , jadi ikut pegang peranan penting dlm penyerapan nutrisi. Nah kita perlu menabung enzyme dlm tubuh kita supaya tidak kerja terus menerus, dan bisa mengambil sumnber enzyme juga dari makanan.Kalau kita kita makan makanan yg cepat saji terus menerus, berarti kita memboroskan cadangan enzyme dlm tubuh kita dan lama kelamaan jadi berkurang dan mulai menghasilkan masalha seperti kembung, refluks dan nantinnya pun terganggu serapan mikro nutrisi nya
      sehingga saat ini byk sekali saran utk bisa konsumsi makanan yg masih byk mengandung enzeymennya seperti buah dan sayur.Hal lainnya enzyme perlu bekerja juga dengan co enzyme supaya bisa berfungsi maksimal seperti antaral lain Vit B komplex, vit E, vit C , dll
      4.acarbose dan phaseolus adalah 2 hal yang sama dipakai utk pengobatan DM.
      acarbose dipakai dlm dunia kedokteran utk menurunkan gula darah, sedanngka phaseolus atau kacang polong atau snap bean atau white bean adalh sejenis kacang polog yang byk sekali kegunaan nya antara lain jg utk menurunkan gula darah secara natural,
      Kedua cara bisa di lakukan bersamaan .
      saya berikan beberapa TIPS UTK BUAH SAYUR YANG BYK MENGANDUNG ENZYME:
      1.Nenas dan pepaya sangat baik utk sumber enzyme bromelain juga papain adalah proteolitik enzym dimana berfungsi utk mengurai protein
      2.Alpukat , mangga,pisang, pepaya setengah matang.
      3. sayuran seperti brokoli, alfalfa, cabbage(kol), sayuran yang berwarna gelap yang tidak banyak dipanaskan.
      TIPS: SIAPA SAJA YANG PERLU MENGKONSUMSI SUPLEMENT ENZYME? :
      1. Setiap orang yang terganggu pencernaan nya, seperti sering merasa kembung
      2. Setiap orang yang sering menkonsumsi makanan siap saji
      3. Usia lanjut diatas 60 tahun yang sering mengeluh mual dan kembung,
      saat membeli enzyme supplement perhatikan kandungannnya, sebaiknnya ada mengandung: pancreatin, lipase, amylase, protease

      Terima kasih , semoga bermanfaat,
      Salam sehat, Amrul. sukses ya

  8. Terima kasih ya dok atas penjelasannya dan sarannya, untuk saya sangat membantu sekali semoga juga berguna untuk yg lainnya

    Salam

  9. Saya sudah baca-baca (walaupun belum semuanya) buku The Miracle Of Enzyme tulisan dari Hiromi Shinya, disitu dijelaskan mengenai sangat pengtingnya enzym, jika sakit perut untuk menjaga kesehatan lambung seharusnya memakan suplemen enzim pencernaan. Yang mau saya tanyakan, apa nama produk yang merupakan suplemen enzyme pencernaan juga probiotik? klo misalnya tanya2 ke apotik atau baca2 dulu kemungkinan lama atau susah untuk mendapatkan nama produk tersebut.

    Terima kasih dok, tulisan artikel dan tanggapan yang ada menambah pengetahuan saya tentang makanan yang mengandung enzym.

    • Halo pak Fauzan, benar sekali bahwa enzyme dan probiotik memegang peranan penting dlm kesehatan pencernaan kita.
      Sering kali solusi dari kembung bukan lah MIlanta, atau zantag, tetapi hanya dengan simpel solusi enzyme dan probiotik yang sangat membantu pproses pencernaan kita.
      Utk enzyme bisa kontak asisten saya:
      afalia: 0813 833 29787
      Probiotik yang baik sebaiknnya mengandung minimal dari 2-5 billion koloni bakteri baik yg masih aktif dan terdiri dari bebrapa gabungan bakteri yang aktif selain acidophilus saja.
      Quality produk yang baik menentukan hasil therapy yang baik,
      Selamat mencoba,
      Salam sehat, Dr genti

  10. malam dokter,

    sy ada membaca sebuah artikel ttg gangguan dr enzim pencernaan. terkadang byk msy yg menyangka klo dia itu sakit maag kemudian mengkonsumsi obat maag namun ternyata permasalahan yg ditemui adalah adanya gangguan di enzim pencernaan. sebnarnya bagaimana gejala-gejala bila kita mengalami gangguan dr enzim pencernaan ? apakah mmg ada gejala2 khusus yg mgkin bisa terdeteksi awal ? dalam beberapa mingggu belakangan ini saya makan tidak teratur, dan dampak yg saya rasakan sekarang saya lebih sering ” maaf” kentut (tidak seperti biasanya). selera makan saya hilang, dan klo pun dipaksakan makan hanya beberappa sendok makanan saja yg bisa masuk. rasa kenyang langsung datang menghampiri. apa yg sebenarnya terjadi pada diri saya ?
    tolong informasinya dokter, karena berat badan saya sekarang sudah menurun drastis. tq

  11. Helo Adek, terima kasih utk pertanyaan nya ya.
    saya mencoba menjawab dengan menangkap pertanyaan nya dulu .
    1. bagaimana kita bisa mengetahui kalau kita mempunyai masalah dgn pencernaan dan tidak semudah mengira bahwa ini penyakit mag atau gastritis atau radang lambung.
    2. tindakan apa yang bisa dilakukan utk mencegah hal ini.

    pertama perlu diketahui bahwa sering sekali kita mengalami ganguan perut kembung/bloating, mual/nausea, asam lambung yang terasa di kerongkongan?acid refluks dan lagsung kita beranggapan ini sakit lambung.
    Makanan yang masuk ke dlm tubuh kita melalui mulut akan diproses dengan bantuan enzyme utk menghasilkan nutrisi sel tubuh.Sumber enzyme dari selain dari tubuh kita bisa didptkan dari makanan yg segar dan belum diproses.kalau kita sering menkonsumsi makanan yang cepat saji , enzyme dlm makanan sendiri sudah tidak ada dan enzyme dlm tubuh kita lama kelamaan terpakai tabungannya. Pada titik tertentu tubuh kekurangan enzyme utk membantu penyerapan nutrisi makanan, disinilah kita mulai mengalami gejala awal dari kembung , asam lambung terkadang, dan banyak gas dihasilkan(kentut).
    Sebab lain nya :- makanan yang UNDIGESTED ( tidak tercerna sepenuhnya akan menghasilkan byk gas dlm perut kita jg.
    – stress mengakitbatkan gangguan pencernaan
    – kurang nya mengunyah makanan atau terlalu byk minum saat makan
    – Kombinasi makanan yg keliru
    – kebanyakan makan ( over eating)

    Solusi yang ada yaitu mengurangi faktor penyebab diatas dan juga mulai mengkonsumsi enzyme pencernaan setiap makan adalah kebiasaan yang baik sebelum mengambil keputusan utk beli obat mag di apotik..
    Solusi lainya, melakukan terapi jus dan mulai makan sehat, sayur dan buah, dengan tujuan mengembalikan Ph tubuh kepada keadaan Basa/alkaline.
    Utk keadaan adek, mulai makan sedikit demi sedikit, makan sayur dan buah , kurangin daging, minum dikurangi saat makan, ( minum 15-20 menit sblm makan atau 20 menit sesudahnya), konsumsi enzyme pencernaan dan probiotik yang baik kualitasnya.
    Silakan kontak asisten saya: afalia ke 0813 83329787
    utk bisa dapatkan enzyme yang baik.
    terima kasih

  12. apakah sindrom metabolic itu juga disebabkan oleh enzim ?

  13. dok saya mau komentarin.tlon tambahin ama tempatnya dunk alias d mna tempat enzim tu bkerja spaya biar tmbah jlas ! mksh!

  14. maap y dok klo g jlas pertanyaannya gpp kan klo diulangin :tolong y dokter klo bisa saya mnta d ksih tau tempat enzim itu bkerjanya?maap y dok klo msih g jlas makasih

  15. Dok, sy mo tanya, skrg ini sy mengalami penyempitan usus di tempat bekas operasi ( 10 thn yang lalu sy di operasi karena pelengketan usus, 2 miggu yg lalu sy di USG dan kata dokter banyak penumpukan kotoran, skrg perut terasa begah, mulut pait dan mua, skrg ini sy BAB tiap hari tetapi tidak ada apasnya, cair. Jus apa yang tepat untuk saya, sy tidak mau di opreasi. trima kasih dok .

    • Halo yeni, salma sehat ya.
      Pertama tama kalo boleh saya komentarin, sudah tepat di usg kemaren dan bisa melihat hasil yang ada.
      Tetap saran saya bisa berkonsultasi dgn ahli gastro enterolgy ini khusus specialisasi di bindang pencernaan. dan bisa kombinasi therapy dgn nutrisi juga.
      Saran dari saya adalah yeni bisa menkonsumsi makanan sehat. seperti: antiooxidant, minyak ikan atau minyak rami, PROBIOTIK, ENZYME PENCERNAAN,
      Jauhi tepung putih dan makanan yg di proses byk , karena sudah tidak mengadung living enzyme dan vitamin yang diinginkan lagi.
      Utk juice yang baik,,saya tetap sarankan utk mengkonsumsi juice wortel 3-4 kali sehari bisa dicamppur dgn apel, karna di dlm apel kaya akan pectin , yang mana menghaluskan membran mukosa usus.
      Juice wortel bs di kombinasi dgn beet juga , in ikaya akan betakaroten , yang menyembuhkan membran mukosa yg meradang.
      Sayuran daun hijau spt bayam kayak akan vitamin K juga zat besi .
      saya jg menyarankan yeni utk konsumsi klorofil juice, dan bisa didapatkan infonya di asisten saya ya.
      Mudah mudahan ini bisa bermanfaat utk yeni,
      Cepat sembuh,
      salam sehat

  16. hallo dok…
    saya mau nanya nih….bgm ya biar badan bisa gemuk,soalnya saya doyan makan dan ngemil tp badan saya kok gak gemuk2 ya…?
    oya saya udah punya anak 3, tp badan saya masih seperti saya blum punya anak dulu..
    saya kepengen gemuk tp kok gak bisa ya…?
    apa ada yg salah dalam sistem pencernaan saya..kalo iya tolong dong dok kasih solusi yg terbaik biar saya bisa agak gemuk berisi gitu….
    Trus saya pernah lihat di tv katanya biar pencernaan bisa baik kita musti konsumsi enzim..saya lupa apa itu berupa obat atau ato apa ya dok…?

  17. Enzim yang menimbulkan gemuk apa?

  18. pagi dok ,

    aq baru saja diopname di rs disebabkan karena gangguan pencernaan (malabsorsi) . Dimana pada lambung masih ter
    dapat tumpukan makanan walau sudah berpuasa -/+ 7jam.
    Gejala awal seperti sakit maag , kemudian diiringi buang2 air/spt diare, perut kembung
    Saat ini saya mengkonsumsi obat-2 sbb :
    1.Vometa FT
    2.ELSAZYM
    3.DISFLATYL
    4.PANTOZOL 40
    5.LIBRAX

    Aq tak ingin ketergantungan pada obat , bagaimana cara
    mengatasinya dari segi makanan ataupun pola makan.
    Dapatkah penyakit ini disembuhkan ??

    Perlu diketahui bahwa aq punya latar belakang diabet, jadi makanan tentunya harus terkontrol .

    Demikian , mohon advisnya .

    Tks

  19. Siang dok, menyambung pembicaraan yg lalu. krn penyakit sy itu,sy dirawat 5 hr, dr hasil endoscopy dan cooil…(lupa namanya, yn pemotoannya melalui dubur),ternyata hanya gastritics…yang ingin sy tanyakan adalah:
    1. apakah gastritics itu menyebabkan usus sebelah kanan bawah sakit….karena smp skrg usus sy masih srg terasanyut nyutan
    2. Endoscopy dan coolin…dapat menditeksi perlengketen usus?
    3. jus apa yang tepat untuk penyembuhan gastritics
    4.Sampai sekarang saya masih mengkonsumsi jus wortel dan bayam, apakah bayam tidak akan menimbulkan asam urat? dan apakah apel boleh dikonsumsi oleh penderita gastritics?
    5.ke alamat mana sy hrs menghubungi assiten Dr?
    Trimakasih atas segala informasinya

  20. Dokter.
    saya salah satu mahasiswa FK di Riau Juga.
    ^^

    Makasih Artikelnya ya dokter.
    membantu sekali….
    sekaligus Jawaban Yang anda Berikan kepada saudara AMrul..
    🙂

  21. Good Evening….. I have a question:
    1. Tempat t’dpt.a enzim dmna sihh??
    2. T4 t’dpat.a Kelenjar dmna?? Oh iya, fungsi kelenjar pada pencernaan apa sih??
    Mohon di balass!! thankz

  22. Wow… saya jadi semakin mengerti Dok… apa fungsi dari enzim tersebut.. sekalipun saya adalah orang awam… Thank U So Much Dok..

  23. Salam dok…
    Langsung aja ya…
    Akhir” ini saya sering banget terasa lemas badan saya…padahal aktivitas kerja saya bs dikatakan tdk terlalu berat…
    Dan yg paling menyiksa saya betahak secara terus menerus…kalau betahak nya tersendat,rasanya sesak didada kaya orang mau mati…perut terasa kembung..
    Tips untuk menghilangkan betahak apa ya dok..trs adakah obatnya diapotik,kalau ada nama obatnya apa ya?terima kasih dok..saya mohon jawabannya ya

Leave a Reply